JERMAN SEBAGAI NEGARA MAJU..IPS


Qowiyatus Sholiha
    

JERMAN SEBAGAI NEGARA MAJU                                                                                                                                         
Lokasi
Secara astronomis, jerman terletak diantara 47°- 55° LU dan 6°- 15° BT. Jerman terletak di Eropa tengah dan berbatasan langsung dengan Sembilan Negara yaitu di Barat, belandia, belgia, luksemburg, dan perancis. Diselatan Swiss dan Austria. Ditimur  Ceko dan polandia. Dan Diutara Denmark.      
        Jerman Memiliki Luas wilayah 357, 021 Km2,  dan wilayah 666.666 km² sebelum dibelah menjadi dua, Jerman rata- rata adalah Negara dataran rendah diutara dan memiliki perbukitan diwilayah selatan.  memiliki puncak tertinggi Zugspitze 2.963 m yang merupakan bagian dari pengunungan Alpen.

Strukturnya     
Dari Laut Utara dan Laut Baltik hingga Pegunungan Alpen di sebelah selatan, struktur geografis Jerman terbagi dalam dataran Jerman Utara, ambang bukit barisan, daerah bukit barisan berteras di Jerman bagian barat daya, daerah kaki Pegunungan Alpen di Jerman Selatan, dan Pegunungan Alpen Bavaria.

Keadaan Alam
Keadaan alam dijerman dapat dibedakan menjadi daratan rendah utara, dataran tinggi tengah , dan sistem pengunungan Alpen. Dataran rendah dijerman memiliki ciri tanahnya berpasir, tanah liat disepanjang laut bagian utara dan timur, tanah loss di bagian selatannya. Dataran tinggi tengah terdiri  atas perbukitan, dataran tinggi dan plato. Posisinya diapit oleh dataran rendah utara dan system penggunungan Alpen diselatan. Wilayah ini merupakan penghasil batu bara. Jerman memiliki iklim kontinen basah. Ygn dicirikan dgn musim winter yang dingin dan summer ygn hangat atau lebih panas dari pada Negara- Negara di pantai barat eropa. Pada musim panas, jerman juga lebih panas dibandingkan dgn Negara prancis dan belgia. Umumnya hujan terjadi pada summer, namun jumlahnya tidak sebesar curah hujan dibarat eropa.

Infrastruktur, perdagangan dan perhubungan
Jerman merupakan Negara dagang terbesar didunia. Perdagangan dilakukan melalui masyarakat ekonomi  eropa (MEE). Jerman memiliki system jaringan kereta api paling canggih didunia dan jaringan jalan raya paling panjang di Eropa.
Jerman merupakan penghubung transpotrasi. Hal ini dapat dilihat dari jaringan transportasinya yang begitu rumit dan modern. Jaringan jalan tolnya adalah jaringan tol terpanjang ketiga didunia dan terkenal karena tidak memiliki batas kecepatan. Jerman juga mempunyai jalur kereta api cepat. Jerman memiliki jaringan kereta berkecepatan tinggi polisentrik. InterCityExpress atau ICE adalah jenis kereta terbaik yang dimiliki Deutsche Bahn dan melayani perjalanan ke kota-kota besar di Jerman dan negara-negara tetangga. Kecepatan kereta ini bervariasi antara 200 km/jam sampai 320 km/jam. Stasiun berhenti ada setiap 30 menit, 1 jam, atau 2 jam.[67]
Bandara terbesar Jerman adalah Bandara Internasional Frankfurt dan Bandara Internasional Munich, keduanya menjadi penghubung maskapai Lufthansa. Bandara besar lainnya antara lain Berlin Tegel dan Düsseldorf, Berlin Schönefeld, Hamburg, Cologne/Bonn dan Leipzig/Halle. Kedua bandara di Berlin akan disatukan untuk ke Berlin Schönefeld dan akan menjadi Bandara Berlin Brandenburg. Pemerintah jerman telah menginisiasi aktivitas pengurangan emisi dan emisi keseluruhan Negara ini telah berkurang. Meski begiitu, Negara ini tetap penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di Eropa.
Jerman juga dikenal sebagai negara dengan sistem jaringan pengaman sosial yang baik dan memiliki standar hidup yang sangat tinggi. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan,[10] selain sebagai negara yang banyak mencetak prestasi di bidang keolahragaan, seperti Formula Satu, sepak bola, dan lain-lain. Jerman dianggap sebagai negara yang sangat menghidupkan dunia. Dengan kata lain, Jerman juga merupakan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia. Orientasi Jerman yang tinggi kepada ekspor, keterpautannya dengan perekonomian dunia sangat erat, – hal yang membedakannya dengan kebanyakan negara lain – dan Jerman pun berkepentingan akan pasaran terbuka. Mitra-mitra perdagangan terpenting ialah Perancis, Belanda, Amerika Serikat dan Inggris. Pada tahun 2009 diekspor barang senilai 82 miliar Ero ke Perancis, senilai 54 miliar Ero ke AS dan ke Belanda, dan senilai 53 miliar Ero ke Inggris. Setelah Uni Eropa diperluas ke arah timur (2004 dan 2007), di samping perdagangan dengan negara anggota UE "lama", dapat dicatat peningkatan dalam volume perdagangan dengan negara-negara anggota UE di Eropa Timur. Sepuluh persen lebih dari ekspor total dilakukan ke negara-negara tersebut. Ekspor Jerman ke negara Uni Eropa mencapai 63 persen dari volume ekspor seluruhnya.

Yang meningkat terus artinya juga ialah hubungan dagang dan ekonomi dengan negara-negara Asia. Sementara ini Asia telah menjadi pasaran terpenting kedua untuk penjualan barang produksi Jerman. Pada tahun 2009, 14 persen dari ekspor Jerman ditujukan ke kawasan tersebut. Dalam hubungan dagang itu Cina adalah partner terpenting. Di samping itu sejak tahun 1999 Jerman juga berperan sebagai investor Eropa terbesar bagi Cina. Sekitar 2.500 perusahaan Jerman berkegiatan di negara itu sebagai investor.
Perekonomian,  dan, Perindustrian di jerman                                                                             Industri dan konstruksi berkontribusi terhadap 29% produk domestik bruto tahun 2008 dan memperkerjakan 29,7% tenaga kerja.[20] Jerman sangat maju dalam produksi mobil, mesin, peralatan listrik, dan kimia. Dengan produksi 5,2 juta kendaraan tahun 2009, Jerman adalah produsen mobil terbesar keempat dan eksportir mobil terbesar di dunia. Perusahaan otomotif Jerman mempunyai posisi yang kuat pada segmen mobil mewah, dengan pangsa pasar total 90%.
  Perusahaan kelas kecil dan menengah di Jerman (Mittelstand) pada umumnya mempunyai spesialiasi teknologi tertentu. Produk-produknya menyasar kelas yang amat spesifik dan biasanya merupakan perusahaan keluarga. Perusahaan kecil dan menengah ini berkontribusi besar terhadap ekonomi Jerman.[58] Diperkirakan ada 1500 perusahaan Jerman yang menempati posisi tiga teratas pada segmen pasarnya masing-masing. [59]
Jerman merupakan perekonomian nasional terbesar di Uni Eropa (UE) dan yang keempat terbesar di dunia. Dengan produk domestik bruto (PDB) tertinggi dan jumlah penduduk terbesar di UE, Jerman adalah pasaran terpenting di UE. PDB-nya berjumlah 2.407,2 miliar Ero (2009).                                               Lokasi untuk penanaman modal
Jerman adalah negara tujuan menarik untuk investasi modal asing. Ke-500 perusahaan terbesar di dunia mempunyai cabang di negara ini, total sekitar 45.000 perusahaan asing. Penanaman langsung modal asing (status 2007): 630 miliar dolar AS.
Pendidikan dijerman
Lebih dari 99 penduduk jerman usia 15 tahun ke atas diperkirakan bisa membaca dan menulis. Sejak tahun 1960- an, sebuah gerakan reformasi mencoba untuk menyatukan pendidikan menengah jerman menjadi sebuah GESAMTSCHULE. Kebanyakan universitas dijerman focus pada pengajaran dari pada penelitian. Penelitian dilakukan oleh instiutut independen yang bekerja pada bidang akademik.
Bentuk kerja sama Jerman dengan Indonesia                                                                                                 Jerman memiliki hubungan diplomatic dengan Indonesia, karena itu dalam bidang perdagangan, Indonesia mengimpor mesin- mesin, mobil VW, barang- barang eloktronik , besi baja. Indonesia juga melakukan kegiatan mengekspor tembakau dan karet alam. Hubungan lainnya dalam bidang pariwisata seperti pengiriman misi kesenian dan kebudayaan. Dibidang pendidikan dalam programpertukaran pelajar. Dalam bidang penelitian energy, teknologi dan antariksa dgn melibatkan BATAN, LAPAN dan LIPI.Pada masa kolonalisme belanda,  sejumlah orang jerman juga datangke Indonesia dengan berbagai profesi seperti pegawai administrasi di bawah koloniol belanda sebagai insinyur, peneliti, ilmuwan.setelah Indonesia merdeka, jerman melanjutkan hubungan baik dengan Indonesia, tidak hanya pemerintah, tetapi juga antara warga Indonesia  degn warga jerman. Sekitar 250 perusahaan jerman berbisnis diindonesia yang bergerak dalam bidang transportasi, farmasi, otomotif, dan telekomunikasi. Indonesia juga mengimpor produk industry dari jerman seperti kendaraan bermotor, mesin- mesin  dan produk manufaktur lainnya. Kerja sama jerman Indonesia tidak hanya dalam perdagangan dan investasi, tetapi juga dalam bidang pembangunan lainnya.


















Comments

Popular posts from this blog

Makalah Kerajaan Demak Dan Pajang,..Lengkap